Sabtu, 12 Juli 2014

Bacaan MASS untuk 13 Juli 2014 (Kelimabelas Minggu Biasa

 

I. PERTAMA READING: Kitab Yesaya 55:10-11.

Beginilah firman TUHAN: Sama seperti dari langit hujan dan salju turun dan tidak kembali ke sana sampai mereka telah disiram bumi, membuatnya subur dan berbuah, memberikan benih kepada orang yang menabur dan roti kepada orang yang makan,
Demikianlah firman-Ku yang keluar dari mulut-Ku; Ini tidak akan kembali ke saya batal, tapi akan melakukan kehendak saya, mencapai akhir yang saya kirim.

II. Mazmur: Mazmur 65 (64) :10.11.12-13 .14.

Anda telah mengunjungi tanah dan disiram itu;
Anda telah sangat diperkaya itu.
Sungai Allah dipenuhi;
Anda telah mempersiapkan gandum.

Dengan demikian telah Anda siapkan tanah:
membasahi alur bajaknya, putus gumpalan nya,
pelunakan dengan pancuran,
berkat hasil panen.

Anda telah dinobatkan tahun dengan karunia Anda,
dan jalanmu melimpah dengan panen kaya;
padang rumput untilled meluap dengan itu,
dan bersukacita pakaian perbukitan.

Padang rumput berpakaian ternak,
lembah diselimuti dengan gandum;
mereka bersorak dan bersorak-sorai.

III. KEDUA MEMBACA: Surat kepada jemaat di Roma 8:18-23.

Saudara-saudara saya menganggap bahwa penderitaan zaman sekarang ini adalah sebagai apa-apa dibandingkan dengan kemuliaan yang akan dinyatakan bagi kita.
Untuk penciptaan menunggu dengan sangat rindu wahyu dari anak-anak Allah;
untuk penciptaan dibuat tunduk pada kesia-siaan, bukan atas kemauan sendiri tetapi karena orang yang mengalami hal itu, dengan harapan
bahwa penciptaan itu sendiri akan dimerdekakan dari perbudakan korupsi dan berbagi dalam kemerdekaan kemuliaan anak-anak Allah.
Kita tahu bahwa segala ciptaan merintih merasa sakit bersalin sampai sekarang;
dan tidak hanya itu, tetapi kita yang telah menerima karunia sulung Roh, kita juga mengeluh dalam hati kita seperti yang kita menunggu untuk diadopsi, yaitu pembebasan tubuh kita.

IV. Suci Injil Yesus Kristus menurut Santo Matius 13:1-23.

Pada hari itu, Yesus pergi keluar rumah dan duduk di tepi laut.
Kerumunan besar seperti berkumpul di sekelilingnya sehingga Ia naik ke perahu dan duduk, dan orang banyak semuanya berdiri di sepanjang pantai.
Dan dia berbicara kepada mereka panjang lebar dalam perumpamaan: "Adalah seorang penabur keluar untuk menabur.
Pada waktu ia menabur, sebagian benih itu jatuh di jalan, dan datanglah burung dan memakannya sampai habis.
Sebagian jatuh di tanah yang berbatu-batu, di mana ia memiliki sedikit tanah. Ini benih itupun segera tumbuh karena tanahnya tidak dalam,
dan ketika matahari terbit itu hangus, dan ia menjadi kering karena tidak berakar.
Beberapa benih itu jatuh di tengah semak duri, dan duri tumbuh dan tersedak itu.
Tapi sebagian benih jatuh di tanah yang kaya, dan menghasilkan buah, seratus atau enam puluh atau tiga puluh kali.
Siapa pun yang memiliki telinga harus mendengar. "
Para murid mendekatinya dan berkata, "Mengapa Anda berbicara kepada mereka dalam perumpamaan?"
Ia berkata kepada mereka menjawab, "Karena pengetahuan tentang misteri Kerajaan Sorga telah diberikan kepada Anda, tetapi mereka belum diberikan.
Untuk siapa saja yang memiliki, lebih akan diberikan dan ia akan menjadi kaya; dari siapa saja yang belum, bahkan apa yang ia akan diambil.
Ini adalah mengapa saya berbicara kepada mereka dalam perumpamaan, karena 'mereka melihat tapi tidak melihat dan mendengar tetapi tidak mendengarkan atau mengerti.' "
Nubuat Yesaya digenapi di dalamnya, yang berbunyi: Kamu memang akan mendengar tetapi tidak mengerti Anda memang akan terlihat tetapi tidak pernah melihat.
Gross adalah jantung dari orang-orang ini, mereka tidak akan mendengar dengan telinga mereka, mereka telah menutup mata mereka, supaya mereka melihat dengan mata mereka dan mendengar dengan telinga mereka dan memahami dengan hati mereka dan bertobat, dan aku menyembuhkan mereka. '
Tetapi berbahagialah matamu, karena mereka melihat, dan telinga Anda, karena mereka mendengar.
Amin, Aku berkata kepadamu, banyak nabi dan orang benar ingin melihat apa yang kamu lihat, tetapi tidak melihatnya, dan ingin mendengar apa yang kamu dengar, tetapi tidak mendengarnya ".
Mendengar maka perumpamaan tentang penabur.
Yang ditaburkan di jalan adalah orang yang mendengar firman kerajaan tanpa memahaminya, dan si jahat datang dan mencuri away yang ditaburkan dalam hatinya.
Yang ditaburkan di tanah yang berbatu-batu adalah orang yang mendengar firman itu dan menerimanya sekaligus dengan sukacita.
Tapi dia tidak memiliki akar dan hanya berlangsung untuk sementara waktu. Ketika beberapa penindasan atau penganiayaan datang karena firman itu, ia segera murtad.
Yang ditaburkan di tengah semak duri adalah orang yang mendengar firman itu, tapi kemudian kecemasan duniawi dan iming-iming kekayaan menghimpit firman itu dan menanggung buah.
Tapi ditaburkan di tanah yang kaya adalah orang yang mendengar firman itu dan mengerti, yang memang berbuah dan menghasilkan seratus atau enam puluh atau tiga puluh kali. "

Tidak ada komentar:

Posting Komentar